Ruang Tanpa Pemuda

Jika wilayah perkotaan mengalami fenomena Pemuda Tanpa Ruang, fenomena sebaliknya terjadi pada wilayah perdesaan yakni Ruang Tanpa Pemuda. Lapangan usaha sektor primer seperti nelayan, peternak, dan petani tidak lagi menarik bagi pemuda-pemuda desa saat ini. Padahal, kita memiliki ruang (kawasan) yang sangat luas dan dapat menyerap banyak lapangan pekerjaan.

Pengembangan Kawasan Strategis Cepat Tumbuh (KSCT) yang diklaim dapat menekan laju urbanisasi, mempercepat pertumbuhan Desa Mandiri ataupun Kota Kecil Baru, serta mengoptimalkan pemanfaatan ruang pada kawasan perdesaan, cenderung mati suri. Ide sederhana berbasis agropolitan ini hilang dan ditinggalkan hampir di seluruh wilayah. Akibatnya, para pemuda desa terampil (yang memiliki skill lebih) semakin enggan untuk tinggal/ menetap di kampung halaman masing-masing dan memperluas fenomena Ruang Tanpa Pemuda.

Penguasaan Lahan Desa oleh Corporate/ Badan Usaha merupakan salah satu dampak dari kurangnya SDM di perdesaan, khususnya pada desa-desa di luar Jawa. Lahan tidur yang begitu luas cenderung tidak tergarap sehingga dimanfaatkan oleh corporate atas nama investasi.

Dalam jangka panjang, Indonesia rawan akan masalah ketersediaan pangan jika ruang-ruang potensial yang ada kekurangan SDM produktif. Akibatnya, import kebutuhan dasar diprediksi akan terus berlanjut hingga 10-20 tahun ke depan. Semoga saja prediksi ini salah.

Solusi kebijakan yang dapat diambil Pemerintah yakni menghidupkan kembali konsep KSCT guna menekan laju Urbanisasi. Adapun, salah salah satu inovasi yang dapat ditetapkan berupa Pembangunan Smart Village. Terinspitasi dari Smart City, Smart Village adalah Desa ataupun Kota Kecil yang dikembangkan secara terpadu, efisien, didasari oleh tata kelola pemerintahan yang baik, serta ramah lingkungan.

Selanjutnya, moment hari tata ruang yang jatuh pada tanggal 8 November kemarin, hendaknya dapat menjadi refleksi bagi kita semua bahwa tidak hanya kota yang perlu ditata, tetapi juga desa-desa yang ada di sekitar kita.

Selamat Hari Tata Ruang

Yodha – Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *