Pemuda Tanpa Ruang

Apa Perbedaan Pemuda Tahun 1928 dengan Pemuda 2017?
Gaya berbusana? Pola Pikir? Habit? Kultur? Bagaimana dengan ruang?

Peristiwa Sumpah Pemuda Tahun 1928 terjadi jauh sebelum era Digital terlahir. Namun, dengan prasarana dan sarana komunikasi yang terbatas, para Pemuda Nusantara dapat berkumpul, bersatu, dan bersepakat dalam sebuah Sumpah (Ikrar) bersama. Satu kelebihan yang dimiliki oleh Pemuda jalan dahulu, mereka memiliki ruang (ruang fisik) yang benar-benar melimpah bahkan dapat dikatakan sebagai ruang publik, walaupun memiliki keterbatasan akibat penjajahan.

org_a729ac271dfdea2c_1488077410000 - Copy

Fakta menunjukkan saat ini kita mengalami keterbatasan Ruang Publik, khususnya di perkotaan. Pemuda beberapa dekade yang lalu sangat mudah mencari ruang untuk bermain, sekedar ngumpul, ataupun bahkan berdiskusi (walau belum eranya demokrasi).

Sebaliknya, pemuda sekarang klo mau ngumpul cenderung lebih ribet. Cari warkop/café, atau mesti sewa lapangan futsal hanya untuk sekedar cari keringat. Klo mau bermain air, mesti ke kolam renang, dan g mungkin ‘bekubang’ di paret depan kampong yang penuh akan bahan kimia dan polutan.

Kemajuan teknologi pun tidak membuat Pemuda sekarang tambah solid. Menerima kabar miring atau info tidak jelas bahkan Hoax bisa langsung emosi. Semua berita diterima tanpa filter atau diolah dengan baik dan bijak. Ini kah Pemuda masa depan yang dicita-citakan dalam kemerdekaan?

Ruang adalah media, baik ruang fisik ataupun ruang maya, dan Tata Ruang harus menjamin ketersediaan ruang guna kebutuhan sosial. Adanya ruang, baik dalam skala makro, meso, ataupun mikro akan mendorong terciptanya interaksi, sosialisasi, koordinasi, dan kolaborasi antar masyarakat, termasuk pemuda.

Saya yakin, kita memiliki mimpi yang sama, dimana para Pemuda dapat kembali berkumpul dengan nyaman, aman, dan bersatu dengan alam. Kita rindu masa kecil tanpa keraguan untuk bermain di alam, berjalan di trotoar, ataupun berenang di tepian.

So, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda kali ini, mari kita dorong terwujudkan Ruang yang layak demi Indonesia yang lebih baik. MAJU TERUS PEMUDA INDONESIA !!!

 

Yodha – Pemerhati Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *